Minggu, 13 Oktober 2013

LOGARITMA SELEKSI DAN PENGULANGAN



Algoritma Seleksi Ujian Masuk UNM
              Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis dalam penyelesaian masalah secara    sistematis. Dalam ilmu komputer, sebuah algoritma pemilihan adalah sebuah algoritma untuk menemukan bilangan terkecil ke-k (bilangan terbesar ke-k) dalam sebuah list. Termasuk di dalamnya adalah kasus sederhana yang lazim yaitu menemukan elemen minimum, maksimum dan median. Algoritma ini disebu juga orde statistik. Terdapat algoritma yang relatif sederhana untuk menemukan, minimum, maksimum, dan element terkecil ke-k dengan waktu linear. Algoritma ini juga memungkinkan untuk menemukan elemen terkecil ke-k dalam waktu linear yang paling buruk atau orde statistik berlipat. Seleksi adalah sebuah sub masalah dari permasalahan yang lebih kompleks seperti permasalahan tetangga terdekat.

       Satu algoritma seleksi yang sederhana dan digunakan secara luas adalah memanfaatkan algoritma pengurutan pada list, kemudian mengekstrak elemen ke-k. Ini adalah contoh reduksi satu permasalahan ke dalam permasalahan lain. Hal ini bermanfaat ketika kita ingin melakukan banyak seleksi terhadap sebuah list tunggal, dimana kasus ini membutuhkan hanya satu operasi pengurutan di awal yang membutuhkan waktu yang lama (expensive), yang diikuti oleh banyak operasi ekstraksi yang sebentar (Cheap). Ketika kita hanya ingin melakukan satu seleksi, atau ketika kita ingin selalu mengubah list di antara tiap seleksi, metode ini dapat jadi lebih lama (costly), biasanya membutuhkan paling sedikit O(n log n) waktu, dimana n adalah panjang dari list.

               Flowchart adalah aliran gambar atau simbol yang menggambarkan suatu proses kegiatan.

Berikut ini adalah algoritma dan flowchart kegiatan dalam sehari
    a. Bangun pagi kemudian beres-beres kamar tidur.
    b. Kemudian sholat shubuh lalu mandi dan sarapan pagi.
    c. Setelah sarapan pagi langsung berangkat ke kampus.
    d. Di kampus menerima materi mata kuliah kemudian diberi tugas.
    e. Setelah diberi tugas langsung istirahat dan makan siang.
    f. Kemudian sholat dhuhur dan masuk kembali ke kelas.
    g. Di kelas kembali menerima materi mata kuliah.
    h. Selesai menerima mata kuliah langsung pulang menuju kost-kostan.
    i. Tiba di kost-kostan langsung mandi dan sholat ashar.
    j. Setelah sholat ashar langsung menyicil mengerjakan tugas yang diberikan tadi pagi.
    k. Kemudian sholat maghrib dan membaca al-quran.
    l. Setelah itu langsung shalat isya.
    m. Dan langsung mempersiapkan mata kuliah besok dan mempelajarinya.
    n. Setelah belajar langsung tidur dengan nyenyak.



STRUKTUR ALGORITMA PENGULANGAN (REPETITION )
Struktur dasar algoritma merupakan konstruksi dasar yang diperlukan untuk mengulangi satuatau lebih pernyataan tertentu dalam suatu algoritma tertentu sebanyak jumlah yang ditetapkan atau selama ketentuan/syarat (kondisi) yang diberlakukan Terpenuhi / Tidak Terpenuhi.
KASUS :
Masukkan bilangan pertama yang selanjutnya disebut x
b. Masukkan bilangan kedua yang selanjutnya disebut y.
c. Masukkan bilangan ketiga yang selanjutnya disebut z.
d. Misalkan variabel x = a, apakah a > y ? jika ya, x = y, y = x, dan z = z.
e. Jika tidak, misalkan vaiabel y = a, apakah a > z ? jika ya, x = z, y = x, dan       z = y.
f. Jika tidak, misalkan variabel x = a, apakah a > y ? jika ya, x = y, y = x, dan    z = z, kemudian tampilkan x, y, dan z.
g. Jika tidak tampilkan x, y, dan z.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar